PERANCANGAN GAMIFICATION MANAGEMENT SYSTEM (GMS) MENGGUNAKAN MDA FRAMEWORK

Main Article Content

Thomas Ch. Suwanto
Michael George Sumampouw

Abstract

Sejak awal mula game sudah menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari kehidupan manusia. Hal itu bisa dilihat dalam catatan sejarah dan juga dalam perkembangan peradaban selama ini. Game memicu suatu zat yang bernama Dopamine pada otak yang mempengaruhi motivasi manusia karena kesenangan yang dihasilkan. Hal inilah yang membuat Game ada dan bertahan sampai sekarang. Saat ini game mengalami perubahan konsep dikarenakan perkembangan teknologi, tetapi masih memiliki efek yang sama yaitu menghasilkan kesenangan karena adanya zat Dopamine. Game sekarang ini mudah ditemukan dan dijumpai dalam perangkat elektronik dan secara tidak langsung mengarahkan manusia untuk memainkan game ketika memiliki waktu luang. Gamifikasi merupakan penerapan elemen-elemen yang terdapat dalam game yang kemudian elemen-elemen tersebut diterapkan pada kegiatan bukan game. Implementasi model Gamifikasi dengan menggunakan MDA (Mechanic, Dynamic, Aesthetic) Framework yang merupakan dasar dalam elemen-elemen game dalam Perancangan GMS (Gamification Management System). Hasil dalam penelitian ini adalah konsep dan perancangan GMS yang dapat diterapkan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, bisnis, dan lainnya untuk membawa elemen game dalam segala aktivitas.

Article Details

How to Cite
Suwanto, T., & Sumampouw, M. (2019). PERANCANGAN GAMIFICATION MANAGEMENT SYSTEM (GMS) MENGGUNAKAN MDA FRAMEWORK. Jurnal Ilmiah Realtech, 15(2), 101-107. Retrieved from https://ejournal.unikadelasalle.ac.id/realtech/article/view/91
Section
Articles