THE INFLUENCE OF BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATIONS AND PERCEIVED QUALITY TOWARD OPPO SMARTPHONE CONSUMER PURCHASING DECISION

  • Regina A Pandelaki
  • Harly M Merung
  • Merry J Korompis
Keywords: Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Keputusan Pembelian

Abstract

Sampel dalam penelitian ini adalah 400 responden dari pengguna smartphone OPPO di Manado dengan menggunakan metode simple random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan validitas, reliabilitas, uji-T, uji-F, koefisien korelasi ganda (r) dan R-square. Hasil dari penelitian, Ttabel yang di dapatkan adalah 0.082 dan Thitung dari kesadaran merek = 4.024, asosiasi merek = 3.976, dan persepsi kualitas = 8.505. Hasil dari uji t menunjukan bahwa nilai Thitung  lebih besar daripada nilai Ttabel. Ini  berarti   kesadaran  merek,  asosiasi  merek  dan persepsi kualitas memilki pengaruh  yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen smartphone OPPO di Manado. Dari hasil uji f didapatkan bahwa Fhitung (92.131) > Ftabel (2.60). maka hasil kesimpulannya variable kesadaran merek, asosiasi merek dan persepsi kualitas secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen smartphone OPPO di Manado.

Published
2019-04-30
How to Cite
Pandelaki, R., Merung, H., & Korompis, M. (2019). THE INFLUENCE OF BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATIONS AND PERCEIVED QUALITY TOWARD OPPO SMARTPHONE CONSUMER PURCHASING DECISION. Innovative: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 80-87. Retrieved from https://ejournal.unikadelasalle.ac.id/innovative/article/view/66
Section
Articles