EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX PADA RUAS JALAN BATAS KOTA BITUNG - KAUDITAN
DOI:
https://doi.org/10.52159/realtech.v16i1.58Keywords:
Evaluasi Perkerasan Lentur, Tingkat Kerusakan, Pavement Condition Index (PCI)Abstract
Jalan merupakan sebuah infrastruktur yang dibangun untuk mendukung pergerakan kendaraan dari satu tempat ke tempat lainnya dengan tujuan yang berbeda-beda. Saat ini, sering ditemukan kerusakan pada infrastruktur jalan, baik jalan lokal maupun jalan arteri. Sering kali umur jalan di lapangan tidak sesuai dengan umur jalan yang sudah direncanakan. Mempertimbangkan manfaat jalan yang sangat penting, maka hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan dan pemeliharaan jalan merupakan prioritas yang perlu diteliti dan dikembangkan dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis dan tingkat kerusakan pada permukaan jalan, serta menentukan metode perbaikan yang sesuai berdasarkan jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi. Metode PCI (Pavement Condition Index) adalah metode yang digunakan pada penelitian ini. Penerapan PCI dilakukan dengan tahapan survei visual di lokasi penelitian, mengidentifikasi jenis dan tingkat kerusakan, mengukur dimensi kerusakan yang meliputi panjang, lebar dan kedalaman, menghitung luas kerusakan, serta menganalisis kondisi kerusakan. Penelitian ini dilaksanakan di ruas jalan batas Kota Bitung - Kauditan. Berdasarkan hasil penelitian, jenis kerusakan yang terjadi pada ruas jalan batas Kota Bitung - Kauditan adalah retak refleksi sambungan, retak memanjang melintang, jembul dan lekukan, ambles/depresi, pemuaian, pelepasan butir, kerusakan tambalan, lubang, sungkur, dan kegemukan. Permukaan jalan batas Kota Bitung - Kauditan diklasifikasikan sebagai tingkat kerusakan dengan nilai PCI 92,54924. Perbaikan yang tepat adalah pemeliharaan rutin.Downloads
Published
2020-04-30
Issue
Section
Articles