APLIKASI PENGENALAN SATWA ENDEMIK PULAU SULAWESI BERBASIS AUGMENTED REALITY

Authors

  • Meirio R. Tengor Program Studi Teknik Informatika, Universitas Katolik De La Salle Manado
  • Debby Paseru Program Studi Teknik Informatika, Universitas Katolik De La Salle Manado
  • Junaidy B. Sanger Program Studi Teknik Informatika, Universitas Katolik De La Salle Manado

DOI:

https://doi.org/10.52159/realtech.v15i1.37

Keywords:

Augmented Reality, Satwa Endemik, Pulau Sulawesi

Abstract

Satwa endemik merupakan salah satu hewan yang memiliki ciri khusus dan hanya dapat ditemukan di beberapa lokasi tertentu. Salah satu peran dari satwa endemik adalah untuk menjaga keseimbangan alam di sekitarnya. Olehnya masyarakat perlu mengenal berbagai jenis satwa endemik khususnya satwa endemik yang tinggal berdekatan dengan masyarakat supaya dapat mengurangi perburuan liar dan penyalahgunaan peran satwa endemik tersebut sehingga berkurangnya jumlah satwa endemik, dapat dicegah.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat “Aplikasi Pengenalan Satwa Endemik Pulau Sulawesi Berbasis Augmented Reality” yang dapat memperkenalkan, menambah minat serta kepedulian masyarakat mengenai satwa endemik terutama yang ada di Pulau Sulawesi. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality, satwa endemik yang langka keberadaannya dapat dibuat dalam objek virtual 3D untuk memudahkan masyarakat mengenal satwa tersebut. Dalam pembuatan aplikasi ini akan digunakan metode
pengembangan multimedia, kakas storyboard dan flowchart untuk menjelaskan gambaran dari pembuatan aplikasi ini. Sedangkan perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan aplikasi ini digunakan aplikasi Unity 3D dengan bahasa pemrograman C#, library dari Wikitude SDK untuk membuat navigasi dan fungsi markerless augmented reality. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa aplikasi ini dapat menerapkan teknologi markerless augmented reality, menampilkan objek 3D dari satwa endemik Pulau Sulawesi, melihat informasi yang disediakan dan melakukan interaksi terhadap objek 3D satwa endemik sehingga aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media pengenalan satwa endemik Pulau Sulawesi.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles